Malaysia Pertanyakan Bambang Pamungkas

Kapten timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, menjadi sorotan pada kesempatan jumpa media menjelang berguilirnya AFF Suzuki Cup 2010, Selasa (30/11) sore di Excecutive Club Hotel Sultan, Senayan.

Adalah juruwarta dari Malaysia yang mempertanyakan kemungkinan eksistensi Bambang Pamungkas saat timnas Indonesia menghadapi negeri jiran itu, Rabu (1/12) malam mulai pukul 19.30 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan. Bambang Pamungkas pernah merumput bersama Selangor FC selama dua musim kompetisi, dan tentunya pemain kunci Persija Jakarta ini sudah hafal karakter penampilan para pemain Malaysia.

Bagaimana pelatih kepala timnas Malaysia, Raja Gopal, mengantisipasi hal ini?

Raja Gopal tersenyum menanggapi pertanyaan wartawati Malaysia ini. "Tim Malaysia dan Indonesia sudah seringkali bertemu sehingga tidak ada yang menjadi rahasia. Gaya atau pola permainan apa pun yang akan kami terapkan, tentunya akan membuat pertandingan kedua timnas tetap menarik," demikian antara lain dijelaskan Raja Gopal.

Menyusul keberhasilannya lolos ke babak perempatfinal kontes sepakbola Asian Games Guangzhou baru lalu, tim asuhan Raja Gopal kini termasuk yang diperhitungkan untuk lolos ke babak semifinal dari penyisihan grup A AFF Suzuki Cup 2010 ini. Namun demikian, Gopal memberikan pernyataan merendah dalam menanggapi peluang timnya, antaranya dengan menyatakan bahwa keempat tim punya kesempatan yang sama untuk lolos.

"Kita lihat kesiapan para pemain sajalah di lapangan nanti," demikian diutarakannya.

Tergantung kesiapan pemain, itu juga yang dikemukakan pelatih kepala timnas Thailand, Bryan Robson. Mantan kapten timnas Manchester United dan timnas Inggris ini mengakui, timnya mungkin disebut-sebut memiliki peluang besar untuk lolos ke semifinal, namun

"Pemainlah yang akan bertading di lapangan, bukan saya. Jadi kita lihat saja bagaimana penampilan pemain saya di sini," tegasnya. Sementara itu, manajer timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, kembali mengemukakan harapannya agar para penonton di SUGBK dapat bersikap santun dalam memberikan dukungannya kepada timnas Indonesia, khususnya saat Bambang Pamungkas dkk menghadapi Malaysia Rabu malam.

Andi Darussalam Tabusalla meminta agar seluruh simpatisan timnas tidak memanfaatkan kesempatan pertandingan ini dengan melontarkan sentimen-sentimen anti Malaysia.(adi)

Artikel Terkait:

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.